DOWNLOAD APLIKASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (JURNAL UMUM, BUKU BESAR, NERACA SALDO)
PENJELASAN
UMUM
Microsoft Excel merupakan program spreadsheet yang sudah terkenal
keandalannya dalam melakukan pengolahan data, terutama data-data dalam bentuk
angka. Karena Microsoft Excel bersifat fleksibel dan mudah dimanipulasi sesuai
dengan kebutuhan.
Pengolahan data akuntansi dengan
Microsoft Excel dalam aplikasi ini, tetap mengacu pada siklus akuntansi secara
manual, tetapi tidak sepenuhnya seperti siklus akuntansi manual. Karena ada
beberapa proses yang dibuat otomatis, seperti dalam proses posting buku besar. Berikut
isi dari aplikasi akuntansi Microsoft Excel dalam aplikasi ini:
1.
Sheet
Menu
Merupakan sheet utama
yang berisi tombol-tombol perintah yang menghubungkan bagian-bagian lain dalam
aplikasi ini. Sheet ini dapat
digunakan sebagai alternatif dalam menjalankan aplikasi selain menggunakan form
utama.
Gambar
1. Tampilan Sheet Menu
2.
Form
dan Sheet COA (Chart of Account)
Form COA (Chart of Account) merupakan form yang digunakan untuk menginputkan nama-nama akun dan saldo awalnya. Sedangkan sheet COA adalah sheet yang menampung hasil dari nama-nama akun atau perkiraan beserta saldo awal yang telah diinputkan melalui form COA.
Gambar
2. Tampilan Form dan Sheet COA (Chart of Account)
3.
Form
dan Sheet Jurnal Umum
Form jurnal umum merupakan form yang digunakan
untuk menginputkan nama-nama akun dan saldo awalnya. Sedangkan sheet Jurnal Umum adalah sheet yang menampung hasil dari jurnal
umum yang telah diinputkan melaului form jurnal umum.
Gambar
3. Tampilan Form dan Sheet Jurnal Umum
4.
Form
dan Sheet Buku Besar
Form buku besar merupakan form yang digunakan untuk menentukan akun atau perkiraan yang akan ditampilkan pada buku besar.sedangkan Sheet Buku Besar adalah sheet yang menampung hasildari buku besar sesuai dengan yang telah diinputkan melalui form buku besar.
Gambar
4. Tampilan Form dan Sheet Buku Besar
3.
Sheet
Neraca
Merupakan sheet yang menampung hasil dari Neraca.
Gambar 5. Tampilan Sheet Neraca
PETUNJUK
PENGGUNAAN APLIKASI
Langkah
untuk menjalankan aplikasi akuntansi ini adalah sebagai berikut:
2. Klik menu File > Open, sehingga akan ditampilkan backstage Open dan klik tombol Browse yang 3/ akan menampilkan kotak dialog Open seperti pada Gambar 2.
4. Pilih salah satu nama file aplikasi akuntansi yang akan dibuka, klik tombol Open.
Gambar 7. Tampilan file Aplikasi Akuntansi dan Sheet Menu
5. 7. Setelah sheet utama (Menu) tampil, maka urutan mengerjakan aplikasi akuntansi ini adalah sebagai berikut:
- Langkah pertama, menginputkan data perusahaan berupa nama perusahaan dan periode akuntansi dengan menekan tombol Info Perusahaan. Setelah informasi dimasukkan klik tombol Tambah, sehingga akan dimasukkan ke semua sheet laporan keuangan. Klik tombol Kembali untuk kembali ke tampilan sheet Menu.
- Langkah kedua, menginputkan data akun atau perkiraan yang digunakan oleh perusahaan berupajenis, kode, nama, serta tipenya. Langkah kedua dilakukan dengan menekan tombol Chart of Account. Setiap selesai menginputkan satu jenis data perkiraan, klik tombol Tambah. Pada saat Anda menginputkan nomor dan nama, maka secara otomatis Neraca akan terisi berdasarkan data perkiraan yang sudah diinputkan, setelah semua data perkiraan masuk. Klik tombol Tutup, sehingga form COA akan tertutup dan klik tombol Ke Menu pada sheet Chart of Account untuk kembali ke sheet Menu.
- Langkah ketiga, memasukkan transaksi yang terjadi ke dalam Jurnal Umum sesuai dengan bagian masing-masing yaitu Debit atau Kredit. Langkah ketiga dilakukan dengan menekan tombol Jurnal Umum pada sheet Menu.Setiap ayat jurnal dimasukkan, klik tombol OK. Setelah satu transaksi selesai dimasukkan, klik tombol Tambah. Nomor jurnal sudah urut otomatis. Jika semua jurnal sudah selesai dimasukkan, klik tombol Tutup untuk menutup form Jurnal dan menghitung total masing-masing kolom.
- Langkah keempat, melakukan posting masing-masing perkiraan ke dalam Buku Besar dengan menekan tombol Buku Besar. Masukkan kode akun yang akan diposting berikut periode akuntansinya, kemudian klik tombol Proses.
- Langkah kelima, menyusun Neraca perusahaan. Langkah terakhir ini dilakukan dengan menekan tombol Neraca sheet pada sheet Menu, sehingga akan ditampilkan data yang sudah terisi dan total dari masing-masing kolom.Setiap hasil dari laporan keuangan yang sudah Anda buat, dapat dilihat contoh tampilannya sebelum dicetak, dengan menekan tombol Preview yang terdapat pada masing-masing sheet. Begitu juga ketika ingin dicetak cukup dengan menekan tombol Cetak yang terdapat pada masing-masing sheet.
Komentar
Posting Komentar